Cara Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah penyakit yang ditandai dengan terjadinya pertumbuhan berlebihan atau jaringan payudara. Kanker ini bisa terjadi terhadap laki-laki maupun perempuan. Kanker ini adalah penyakit yang berada di urutan kelima dari jenis-jenis kanker yang menyebakan kematian, setelah kanker paru-paru, kanker rahim, kanker hati, dan kanker usus.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menangani kanker payudara :

1. Menghilangkan Radikal Bebas

Radikal bebas adalah kimia bermuatan listrik yang dapat menyerang dan merusak protein serta DNA sehingga bisa mengubah informasi genetis. Jika kerusakan terjadi pada segmen-segmen DNA dari suatu sel yang mengontrol pertumbuhan dan pembelahan sel, maka kanker dapat berkembang dari sel yang ada.

Radikal bebas bisa terbentuk oleh aktivitas metabolisme yang normal di dalam tubuh. Sel-sel di dalam tubuh secara kimiawi mengubah nutrisi (gula, lemak, dan protein) menjadi unsur-unsur yang dapat digunakan sebagai energi oleh berbagai otot, otak, dan organ-organ lainnya. Perubahan-perubahan seperti ini melibatkan reaksi-reaksi kimia dan berbagai perpindahan energi di antara kimia-kimia tersebut. Selama proses inilah metabolisme radikal bebas dapat terbentuk.

Radikal bebas juga terjadi ketika sel-sel diekspos pada radiasi. Tubuh diekspos secara regular pada tingkat-tingkat radiasi yang rendah didalam atmosfer. Tubuh juga menerima radiasi selama mammografi dan tes-tes sinar X lainnya. Secara teoritis, tingkat-tingkat radiasi rendah ini dapat menjurus pada pembentukan radikal bebas.

Bagaimanapun, beban yang berlebihan dari radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sistem yang menghancurkan radikal bebas, juga kerusakan pada sistem-sistem perbaikan DNA. Kerusakan ataupun melemahnya sistem imun dapat mendorong berkembangnya kanker. Namun tubuh yang sehat bisa menghancurkan radikal bebas, juga mencegah perubahan sel-sel dengan DNA yang rusak menjadi kanker.

2. Antioksidan

Antioksidan adalah kimia yang mencegah suatu tipe reaksi kimia yang disebut oksidasi. Oksidasi merupakan sumber utama pembentukan radikal bebas. Antioksidan juga membersihkan radikal bebas yang terbentuk. Salah satu contoh enzim yang bekerja seperti antioksidan adalah superoxide dismutase. Sedangkan, antioksidan yang terjadi secara alamiah antara lain beta carotene, vitamin E, dan vitamin C. Buah-buahan dan sayuran juga merupakan sumber-sumber yang kaya antioksidan.

Anda dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh dengan beberapa cara. Pertama, mengurangi konsumsi lemak dan daging yang dimasak terlalu lama. Kedua, mengonsumsi asam-asam lemak Omega 3 yang bisa menjadi melindungi tubuh dari pembentukan dan aktivitas dari produk-produk lemak yang berbahaya. Konsentrat Omega 3 yang tinggi bisa ditemukan pada ikan.

Ketiga, diet untuk mengurangi resiko kanker payudara. Secara teoritis, ada tindakan-tindakan diet yang bisa menurunkan pembentukan radikal bebas dan mengurangi resiko berkembangnya kanker payudara serta tipe-tipe lainnya. Tindakan-tindakan tersebut adalah:

1. Diet-diet yang kaya dengan sayur-sayuran dan buah-buahan
2. Diet-diet rendah lemak dan menghindari daging yang terlalu lama dimasak
3. Asupan yang memadai dari antioksidan, seperti vitamin E dan C
4. Latihan secara regular dan penurunan berat badan, juga menghindari rokok

3. Olahraga

Olahraga secara regular bisa mengurangi resiko kanker payudara. Perempuan yang berolahraha dengan teratur akan memiliki resiko kanker yang lebih rendah dibandingkan perempuan yang tidak melakukan olahraga

4. Operasi untuk Pencegahan

Salah satu teknik operasi untuk pencegahan adalah Preventive atau Prophylactic Mastectomy, yaitu pengangkatan satu atau kedua payudara perempuan yang mempunyai resiko moderat sampai tinggi terpapar kanker payudara. Teknik ini bisa mengurangi hingga 90 persen dari kemungkinan perempuan mengembangkan kanker payudara.

Setelah menjalani mastectomy, sejumlah kecil dari jaringan payudara bisa tertinggal di dinding dada, ketiak, atau bahkan didalam perut. Oleh karena itu, Prophylactic Mastectomy tidak mungkin sepenuhnya mencegah perkembangan kanker payudara. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan pencegahan dini dan melakukan diskusi dengan dokter tentang berbagai resiko kanker, jenis perawatan yang tersedia, komplikasi, serta implikasi yang berpotensi dari operasi sebelum membuat suatu keputusan.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Ciri Ciri Kanker Payudara and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>